Senin, 27 Maret 2017

RPP K13 SMA-SMK Pai kelas x



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Bab 6

Satuan Pendidikan : SMA/SMK ....
Kelas/Semester      : X /1
Mata Pelajaran       : Pendidikan Agama Islam -Wajib
Topik                      : Analisa ayat dan hadist Mujahadah an-nafsi,
                                     Husnuzzhan, dan Ukhuwah
Waktu                    : 9 × 45 menit

A.     Kompetensi Inti:
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
Sikap
1.1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1  Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar Pendidikan Agama Islam
2.3   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan
Pengetahuan
3.1   Menganalisis  Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)

Indikator :
1.    Terlibat aktif dalam pembelajaran Analisa ayat dam hadist Mujahadah an-nafs, husnuzzhan, dan ukhuwah
2.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.    Menjelaskan Hukum tajwid, mufrodat dan kandungan  ayat dan hadist tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) (pertemuan 1)
5.    Menjelaskan Hukum tajwid, mufrodat dan kandungan  ayat dan hadist tentang prasangka baik (husnuzzhan). (pertemuan 2)
6.    Menjelaskan Hukum tajwid, mufrodat dan kandungan  ayat dan hadist tentang persaudaraan (ukhuwah). (pertemuan 3)

Keterampilan
4.1 Membaca dan menghafal, menganalaisa  dan mendemonstrasikan hafalan   Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.


Indikator :
1.         Membaca dan menghafal yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid Q.S. Al-Anfal (8): 72) Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10,
2.         Menganalisa kandungan nilai-nilai yang terdapat dalam Q.S. Al-Anfal (8): 72) Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10,
3.         Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan konsep mujahadah an-nafs, husnuzzhan, dan ukhuwah.

         (disalin dari KD permen 70)

C.     Tujuan Pembelajaran
RANAH
PERTE-MUAN
DESKRIPSI
SIKAP
Satu       Dua dan tiga
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah mujahadah an-nafs , husnuzzhan, dan ukhuwah.
3.  Mampu mentransformasi diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar Mujahadah an-nafs, husnuzzhan, dan ukhuwah
4.  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan, dalam mempelajari mujahadah an-nafs, husnuzzhan, dan ukhuwah
PENGE TAHUAN
1
1.       Mampu menganalisa dan Menjelaskan Hukum tajwid, mufrodat dan kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72) dan hadist tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs)
2.       Mampu menganalisa dan Menjelaskan Hukum tajwid, mufrodat dan kandungan Q.S. Al-Hujurat (49):12 dan hadist tentang Husnudzon  (Prasangka baik)
3.       Mampu menganalisa dan Menjelaskan Hukum tajwid, mufrodat dan kandungan Q.S. Al-Hujurat (49):10 dan hadist tentang persaudaraan (Ukhuwah)
2
Mampu menganalaisa  mufrodat   Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
KETE RAMPIL AN
1
Terampil Membaca dan menghafal yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid Q.S. Al-Anfal (8): 72) Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10,

2
Terampil Menganalisa kandungan nilai-nilai yang terdapat dalam Q.S. Al-Anfal (8): 72) Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10,
3
Terampil Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan konsep mujahadah an-nafs, husnuzzhan, dan ukhuwah.
(Mengacu kepada indikator)


D.    Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti   
1.    Ayat Mujahadah An-nafs
2.    Ayat Khusnuzzhan
3.    Ayat Ukhuwah
Ayat-Ayat al-Qur’ān tentang Pengendalian Diri, Prasangka Baik, dan Persaudaraan

1. Lafal Ayat Pengandalian diri
   Q.S. al-Anfāl/8:72
إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَهَاجَرُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَالَّذِينَ آوَوْا وَنَصَرُوا أُولَئِكَ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يُهَاجِرُوا مَا لَكُمْ مِنْ وَلايَتِهِمْ مِنْ شَيْءٍ حَتَّى يُهَاجِرُوا وَإِنِ اسْتَنْصَرُوكُمْ فِي الدِّينِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ إِلا عَلَى قَوْمٍ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِيثَاقٌ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

2. Lafal Ayat khusnudzan
Q.S. al-¦ujurāt/49:12
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلا تَجَسَّسُوا وَلا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ
Artinya
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.




3. Lafal Ayat Ukhuwah
Q.S. al-hujurāt/49:10
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Artinya
Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.

E.     Model/Metode Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific).
Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan penemuan (discovery learning)

F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan          : Ke-1
Alokasi Waktu  : 3 x 45 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2.  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3.  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
4.  Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke mujahadah an-nafs, husnuzzhan, dan ukhuwah. dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.  Membentuk kelompok siswa yang hiterogen (dengan menerapkan prinsip tidak membedakan tingkat kemampuan berpikir, jenis kelamin,  suku, dll)
20 menit
Inti
1.       Siswa mempelajari ayat-ayat Mujahadah an-nafsi, (Mengamati)
2.       Siswa diarahkan untuk membaca dan menganalisa mufrodat ayat-ayat Al-Qur’an tentang Mujahadah an-nafsi, husnuzzhan, dan ukhuwah (Mengamati)
3.       Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang telah dipelajari(Menanya)
4.       Siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan teman yang lain atau memberikan tanggapan atas pertanyaan atau tanggapan teman yang lain (Menanya)
5.       Siswa dalam setiap kelompok diarahkan untuk membaca, dan menganalisa tentang tajwid dan mufrodat ayat-ayat Al-Qur’an Mujahadah an-nafsi (Mencoba)
6.       Siswa dalam setiap kelompok diminta untuk mengamati bacaan, hafalan mufrodat dan menganalisa  bacaan dan pemaparan temannya kemudian diharapkan mampu menentukan dan memperbaiki bacaan dan pemahamannya (Mengamati, Menalar, komunikasi /jejaring)


Ø Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
95 menit
Penutup
1.       Siswa dalam setiap kelompok untuk mempresentasikan kesimpulan yang diperoleh. (Komunikasi)
2.      Guru memberikan Pekerjaan Rumah mengenai penerapan mufrodat ayat-ayat Mujahadah an-nafsi.
3.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan mengingatkan siswa untuk mempelajari materi tentang  Analisa ayat-ayat Mujahadah an-nafsi.
20 menit

Pertemuan          : Ke-2
Alokasi Waktu  : 3 x 45 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan     berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
4.       Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke analisa ayat-ayat husnuzzhan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.  Membentuk kelompok siswa yang hiterogen (dengan menerapkan prinsip tidak membedakan tingkat kemampuan berpikir, jenis kelamin, suku, dll)
20 menit
Inti
1. Siswa mempelajari ayat dan hadist, husnuzzhan dari  buku yang relevan (Mengamati)
2. Siswa diarahkan untuk membaca, menghafal mufrodat dan menganalisa ayat-ayat Al-Qur’an tentang  husnuzzhan (Mengamati)
3. Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang telah dipelajari(Menanya)
4. Siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan teman yang lain atau memberikan tanggapan atas pertanyaan atau tanggapan teman yang lain (Menanya)
5. Siswa dalam setiap kelompok diarahkan untuk membaca, dan menganalisa ayat tentang  husnuzzhan (Mencoba)
6. Siswa dalam setiap kelompok diminta untuk mengamati bacaan, hafalan mufrodat dan menganalisa  bacaan dan pemaparan temannya kemudian diharapkan mampu menentukan dan memperbaiki bacaan dan pemahamannya (Mengamati, Menalar, komunikasi /jejaring)
Ø Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
95 menit
Penutup
1. Siswa dalam setiap kelompok untuk mempresentasikan kesimpulan yang diperoleh. (Komunikasi)
2. Guru memberikan Pekerjaan Rumah mengenai penerapan husnuzzhan.  
3. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan mengingatkan siswa untuk mempelajari materi tentang  ayat  ukhuwah.
20 menit

Pertemuan          : Ke-3
Alokasi Waktu  : 3 x 45 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2.       Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3.       Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
4.      Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengingatkan siswa tentang ayat  husnuzzhan.
5.       Membentuk kelompok siswa yang hiterogen (dengan menerapkan prinsip tidak membedakan tingkat kemampuan berpikir, jenis kelamin, suku, dll)
25 menit
Inti
1.       Siswa mempelajari ayat  ukhuwah dari  buku yang relevan (Mengamati)
2.       Siswa diarahkan untuk mengenal kembali ayat dan mufrodat  ukhuwah (Mengamati)
3.       Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang telah dipelajari(Menanya)
4.       Siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan teman yang lain atau memberikan tanggapan atas pertanyaan atau tanggapan teman yang lain (Menanya)
5.       Siswa dalam setiap kelompok diarahkan untuk menghafalkan mufrodat  ayat –ayat Qur’an tentang ukhuwah (Mencoba)
6.       Siswa dalam setiap kelompok diminta untuk mengamati hafalan mufrodat ayat Al-Qur’an dan penjelasan tajwid tentang ukhuwah (Mengamati, Menalar, komunikasi /jejaring)
7.       Melakukan evaluasi
Ø Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
90 menit
Penutup
1.      Siswa dalam setiap kelompok untuk mempresentasikan kesimpulan yang diperoleh. (Komunikasi)
2.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan mengingatkan siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
20 menit


G.    Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.      Papan tulis
2.      Bahan tayang
3.      Lembar penilaian 

H.    Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
  1. Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran mujahadah an-nafs, husnuzzhan, dan ukhuwah.
b.       Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.        Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menjelaskan kembali Hukum bacaan tajwid ayat tentang mujahadah an-nafs, husnuzzhan, dan ukhuwah.
a.       Menjelaskan mufrodat ayat mujahadah an-nafs, husnuzzhan, dan ukhuwah.

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.       Terampil  menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan ayat mujahadah an-nafs, husnuzzhan, dan ukhuwah.

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi




I.       Instrumen Penilaian Hasil belajar 
a.       Penilaian Sikap                        : Teknik Non Tes Bentuk Pengamatan sikap dalam pembelajaran
b.       Penilaian Pengetahuan : Teknik Tes Bentuk Tertulis  Uraian
c.        Penilaian Ketrampilan  : Teknik Non Tes Bentuk Penugasan

 (Lembar Kerja/LK dan Instrumen Penilaian Terlampir)

Mengetahui,                                                                             Bandar Lampung, ......




                                                      
Kepala Sekolah                                                                          Guru PAI dan Budi pekerti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar