SILABUS SMA-SMKKurikulum 2013 (K13)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
(SMA-SMK)
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas :
X (sepuluh)
Kompetensi
Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro- aktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT.
|
|||||
1.2
Berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum
Islam
|
|||||
1.3
Meyakini
kebenaran hukum Islam
|
|||||
1.4
Berpakaian
sesuai dengan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari sebagai implemantasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5):
8, Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits terkait.
|
|||||
2.2 Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
|
|||||
2.3 Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S.
Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait
|
|||||
2.4 Menunjukkan perilaku menghindarkan
diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits
terkait
|
|||||
2.5 Menunjukkan sikap semangat menuntut
ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
|
|||||
2.6 Menunjukkan sikap keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman Asmaul Husna (al-Kariim, al-
Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
|||||
2.7 Menunjukkan
sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari
pemahaman strategi dakwah Rasulullah
SAW di Mekah
|
|||||
2.8 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah
sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah
|
|||||
3.1 Menganalisis
Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat
(49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3.2 Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan
menerapkannya dalam kehidupan.
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) :
12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul
huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat
(49) : 10, dengan lancar.
|
1.
Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S.
Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan
(tajwid), dan mencermati kandungan
Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat
(49):10 serta hadits terkait.
-
Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
-
Menanyakan cara membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S.
Al-Hujurat (49): 12 dan 10,
-
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Anfal
(8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, serta hadits terkait.
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Mendiskusikan cara membaca
Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 sesuai dengan hukum
bacaan tajwid;
-
Menterjemahkan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat
(49): 12 dan 10 serta hadits terkait;
-
Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S.
Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72);
Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait.
·
Mengkomunikasikan:
-
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil
diskusi tentang Q.S. Al-Anfal (8): 72;
Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait secara individu maupun
kelompok
|
·
Tugas
-
Menghafal Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49):12;
dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait dengan cara mengisi lis (lembar tugas hafalan).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ isi diskusi
(hukum bacaan, kandungan ayat), manfaat dan hikmah perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
§ sikap yang
ditunjukkan peserta didik terkait dengan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait;
-
Membuat paparan analisis dan
identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10;
-
Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S.
Al-Hujurat (49): 12 dan 10
serta hadis terkait.
·
Tes tulis
-
Menyalin Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12;
dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
-
Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadis terkait.
·
Tes lisan
Membaca dan menghafal Q.S. Al-Anfal
(8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X Kemdikbud
· Al-Quran dan Al-Hadits
· Buku tajwid
· Kitab tafsir Al-Qur’an
· Buku lain yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.3 Menganalisis Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur
(24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.4 Memahami manfaat dan hikmah larangan
pergaulan bebas dan perbuatan zina.
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) :
2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan lancar.
|
2.
Perilaku menghindarkan
diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina.
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid),
dan mencermati kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait.
-
Mencermati manfaat dan hikmah larangan
pergaulan bebas dan perbuatan zina melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
·
Menanyakan cara membaca hukum tajwid, asbabun nuzul, dan
isi kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
Mendiskusikan cara membaca sesuai
dengan tajwid, menganalisis asbabun
nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait
· Mengasosiasi
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
·
Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan),
menyampaikan hasil diskusi tentang Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait secara
individu maupun kelompok
|
·
Tugas
-
Menghafal Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait dengan cara mengisi lis (lembar tugas hafalan).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ isi diskusi
(kandungan ayat dan hukum bacaan)
§ sikap yang
ditunjukkan peserta didik terkait dengan perilaku menghindarkan diri dari
pergaulan bebas dan perbuatan zina.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait;
-
Membuat paparan analisis dan
identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2;
-
Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S.
An-Nur (24): 2, serta hadits terkait.
·
Tes tulis
-
Menyalin Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta
mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
-
Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait.
·
Tes lisan
Membaca dan menghafal Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait serta hadits terkait
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X Kemdikbud
· Al-Quran dan Al-Hadits
· Buku tajwid
· Kitab tafsir Al-Qur’an
· Buku lain yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.5 Memahami makna Asmaul Husna: (al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir).
4.3 Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi
dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
3.
Iman kepada Allah SWT (Asmaul Husn:
al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
·
Mengamati:
-
Mencermati bacaan teks tentang Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
-
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio
atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya) :
-
Mengapa Allah memiliki nama yang begitu banyak?
-
Apa yang harus dilakukan oleh umat Islam terkait nama-nama
Allah yang indah itu?
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
-
Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian,
pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.
· Mengasosiasi
Membuat kesimpulan materi di atas.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil
diskusi tentang materi di atas.
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang
perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil).
·
Observasi
-
Mengamati teman sejawat tentang perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di lingkungan sekolah, rumah maupun
masyarakat melalui lembar pengamatan.
-
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ isi diskusi
§ sikap yg
ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·
Portofolio
-
Membuat paparan analisis dari
hasil observasi tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan
ganda dan uraian tentang Asmaul Husna (al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
·
Tes lisan
-
Menjelaskan hasil pengamatan tentang perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implemantasi dari Asmaul Husna (al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
3x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X Kemdikbud
· Buku lain yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.6 Memahami makna beriman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT.
4.4 Berperilaku yang mencerminkan
kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
|
4.
Iman kepada Malaikat
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang makna dan contoh perilaku beriman
kepada malaikat-malaikat Allah SWT
-
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio
atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Mengapa kita harus
beriman kepada malaikat?
-
Apa yang harus dilakukan oleh orang yang beriman kepada
malaikat?
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku beriman kepada Malaikat.
-
Guru mengamati perilaku
beriman kepada Malaikat melalui lembar pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku beriman kepada Malaikat di
rumah.
· Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang makna beriman
kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil
diskusi tentang beriman kepada malaikat-malaikat
Allah SWT.
|
·
Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita,
artikel tentang perilaku yang
mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT)
·
Observasi
-
Peserta didik melakukan
pengamatan terhadap perilaku menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT melalui
lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna beriman kepada malaikat;
-
Membuat paparan analisis tentang
perilaku orang-orang yang beriman kepada malaikat.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan
ganda dan uraian tentang iman kepada
malaikat.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang
yang beriman kepada malaikat.
|
3x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X Kemdikbud
· Buku lain yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.7 Memahami Q.S.
At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
4.5 Menceritakan
tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu
|
5.
Semangat menuntut
ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits
terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya
kepada sesama
-
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio
atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Mengapa harus
menuntut ilmu?
-
Bagaimana cara menyampaikan ilmu kepada sesama?
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan Q.S. at-Taubah (9) :
122 dan hadits terkait.
-
Guru mengamati perilaku
contoh semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan
menyaampaikannya kepada sesama melalui lembar pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan
menyaampaikannya kepada sesama di rumah.
· Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang semangat menuntut
ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil
diskusi tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
|
·
Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita,
artikel tentang semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama)
·
Observasi
-
Peserta didik melakukan
pengamatan terhadap perilaku semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama
sebagai implementasi pemahaman kandungan
Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait melalui lembar pengamatan di
lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan
dan menyampaikannya kepada sesama;
-
Membuat paparan analisis tentang
makna dan contoh semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan
ganda dan uraian tentang semangat menuntut
ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang
yang semangat menuntut
ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
|
3x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X Kemdikbud
· Al-Quran dan Al-Hadits
· Kitab tafsir Al-Qur’an
· Buku lain yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.8 Memahami kedudukan Al-Quran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
4.6 Menyajikan macam-macam sumber
hukum Islam.
|
6.
Sumber Hukum Islam
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang kedudukan al-Quran, al-Hadits, dan
Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-
Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui
tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Mengapa Al-Quran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
?
-
Apa yang anda pahami tenang Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad ?
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad
sebagai sumber hukum Islam
-
Guru mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad di rumah.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan tentang sumber hukum Islam.
·
Mengkomunikasikan:
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang sumber hukum Islam.
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang
perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits
dan Ijtihad).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap
saat diskusi.
-
Mengamati perilaku orang-orang yang berpegang teguh kepada
al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad
·
Portofolio
-
Membuat paparan tentang kedudukan dan fungsi al-Qur’an,
al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan
ganda dan uraian tentang kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits,
dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan perilaku berpegang teguh
kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad serta menganalisis dan menanggapinya.
|
4x3
jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X Kemdikbud
· Al-Quran dan Al-Hadits
· Buku lain yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.9 Memahami pengelolaan wakaf.
4.7.1 Menyajikan dalil tentang ketentuan
waqaf.
4.7.2 Menyajikan pengelolaan wakaf.
|
7.
Pengelolaan wakaf
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang pengertian, ketentuan dan
hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan wakaf.
-
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio
atau media lainnya.
· Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Mengapa waqaf haarus dikelola?
-
Bagaimana cara mengelola wakaf?
· Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan makna dan ketentuan wakaf
serta pengeloalaannya.
·
Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi pengelolaan wakaf.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang
materi pengelolaan wakaf.
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang
pengelolaan wakaf).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-
Mengamati pengelolaan wakaf.
·
Portofolio
-
Membuat paparan dan menganalisis tentang pengelolaan wakaf.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan
ganda dan uraian tentang ketentuan dan
pengelolaan wakaf.
·
Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang pengelolaan wakaf.
|
2x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X Kemdikbud
· Buku lain yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3.10.1 Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
4.8.1 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
|
8.
Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Mekah
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW
-
Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui
tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Apa substansi dakwah Rasulullah di Mekah?
-
Apa strategi dakwah Rasulullah di Mekah?
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
-
Guru mengamati perilaku tangguh dan semangat menegakkan
kebenaran dalam kehidupan sehari-hari.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku tangguh dan semangat menegakkan kebenaran dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW ).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap
saat diskusi.
-
Mengamati perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh
dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman tentang strategi dakwah Rasulullah SAW di Mekah.
·
Portofolio
-
Membuat paparan tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
-
Membuat paparan tentang perilaku orang-orang yang memiliki
sikap tangguh
dan semangat menegakkan kebenaran.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan
ganda dan uraian tentang substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang
yang memiliki sikap tangguh
dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman tentang strategi dakwah Rasulullah SAW di Mekah.
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X Kemdikbud
· Buku lain yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
3-9 Memahami substansi dan strategi
dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
4-5 Mendeskripsikan substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di
Madinah.
|
9.
Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Madinah
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Madinah
-
Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui
tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Apa substansi dakwah Rasulullah di Madinah?
-
Apa strategi dakwah Rasulullah di Madinah?
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Madinah.
-
Guru mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai
implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah
Rasulullah SAW di Madinah.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di
Madinah.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang
materi substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah ).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap
saat diskusi.
-
Mengamati perilaku orang-orang yang memiliki semangat
ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di
Madinah.
·
Portofolio
-
Membuat paparan tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Madinah;
-
Membuat paparan tentang perilaku orang-orang yang memiliki
sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi
dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan
ganda dan uraian tentang substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
· Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang
yang memiliki sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi
dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku PAI Kls X Kemdikbud
· Buku lain yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
|
If you're trying hard to lose fat then you need to start using this brand new personalized keto meal plan.
BalasHapusTo produce this keto diet service, licensed nutritionists, personal trainers, and cooks have joined together to develop keto meal plans that are useful, painless, money-efficient, and satisfying.
Since their grand opening in 2019, thousands of individuals have already completely transformed their figure and well-being with the benefits a great keto meal plan can offer.
Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones provided by the keto meal plan.